• Selasa, 26 September 2023

Korea Utara Deklarasikan Kemenangan Melawan Covid-19. WHO Ragu: Bulan Lalu Mereka Umumkan Semakin Buruk

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:06 WIB
Kim Jong-Un, Presiden Korea Utara
Kim Jong-Un, Presiden Korea Utara

Bingkai Nasional - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara mengumumkan bahwa negara nya telah menang melawan virus Covid-19 varian baru yang melanda sejak bulan Mei 2022 lalu.

Belum diketahui berapa banyak orang yang terinfeksi virus Covid-19 di Korea Utara, namun sejak 29 Juli, negara tetangga Korea Selatan itu melaporkan tidak ada kasus baru.

Sedangkan angka kematian di Korea Utara karena wabah Covid-19 ini dilaporkan hanya sebanyak 74 orang.

Para pengamat mengatakan, deklarasi Korea Utara atas keberhasilannya melawan virus corona tersebut adalah langkah awal untuk memulihkan perdagangan yang sempat terhambat karena lockdown.

Selain itu, pengumuman tentang tidak adanya lagi orang yang terinfeksi virus corona akan membuka jalan untuk Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklir.

Baca Juga: Cara Aktifkan Layanan Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel

Namun, WHO meragukan klaim kemenangan Korea Utara terhadap virus corona tersebut karena bulan lalu Korea Utara mengumumkan jika situasi di negaranya semakin buruk.

Dan Korea Utara menjawab, jika saat ini negaranya sedang menjalani tes PCR harian secara nasional.

Negara dengan ibu kota yang berada di Pyongyang tersebut juga mengatakan jika mereka telah mengembangkan metode baru untuk mendeteksi virus dengan labih baik, termasuk untuk penyakit menular lainnya seperti cacar monyet.

Baca Juga: Viral Loker Kasir Serba Bisa Yang Gajinya Bikin Geleng Kepala

Atas kemenangan melawan virus corona varian baru di Korea Utara, adik Kim Jong-un, yakni Kim Yo-jong memuji pemimpin yang memiliki rambut khas itu.

Yo-jung mengatakan, meskipun kakaknya tersebut saat itu diduga terinfeksi virus Covid-19, namun kakaknya tersebut tidak bisa berhenti memikirkan rakyatnya yang harus dia rawat.

"Meskipun dia sakit dengan demam tinggi, dia tidak bisa berbaring meski sejenak karena memikirkan orang-orang yang harus dia rawat sampai akhir dalam menghadapi pandemi ini," kata Yo-jung seperti dikutip dari scmp.

***

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piramida Giza: Keindahan yang Abadi

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 16:28 WIB

Stroberi: Keindahan dan Kelezatan dari Dunia Tumbuhan

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 14:22 WIB
X