• Minggu, 27 November 2022

Film Mumun Sedang Tayang Di Bioskop. Haji Mandra Ceritakan Kisah Sebenarnya

- Kamis, 1 September 2022 | 22:12 WIB
Haji Mandra Ceritakan Kisah Nyata Sebenarnya Film Mumun. (Instagram @deecompany_official)
Haji Mandra Ceritakan Kisah Nyata Sebenarnya Film Mumun. (Instagram @deecompany_official)

Bingkai Nasional - Saat ini, film 'Mumun' sedang tayang di bioskop sejak 1 September 2022.

Digarap oleh Rizal Mantovani, film Mumun adalah film adaptasi dari sinetron populer 'Jadi Pocong' karya Haji Mandra yang tayang pada tahun 2002.

Film Mumun yang dibintangi Acha Septriasa dan Dimas Aditya ini menceritakan tentang Mumun yang meninggal secara tragis karena terlibat kecelakaan, menjadi gentayangan karena tali pocong tidak dilepas saat proses penguburan.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Di Bawah 5 Juta Terbaik 2022

Film Mumun ini disebut-sebut diangkat berdasarkan kisah nyata.

Namun, Haji Mandra yang berperan sebagai Husein si penggali kubur, sekaligus penulis untuk film ini, mengatakan bahwa cerita dari film Mumun merupakan fiktif. Tapi, nama Mumun yang digunakan itu benar adanya.

"Kalau cerita udah rekaan saya. Tapi kalau nama memang berdasarkan kisah nyata. Kita cuma ambil nama nya saja tidak dengan ceritanya," terang Haji Mandra dalam sebuah wawancara di channel Youtube RJL 5 yang ditayangkan pada tanggal 1 September 2022.

Pemilik nama asli Mandra Naih ini juga menceritakan bahwa sebenarnya Mumun meninggal di sebuah danau yang berada di sekitar kebun karet di Cibubur sekitar tahun 70-an, yang mana ceritnya mirip dengan kisah Si Manis Jembatan Ancol yang populer itu.

"Kejadian asli, dia (Mumun) hampir mirip dengan kejadian si manis jembatan ancol. Dapet jodoh, dia suka sama cowo itu. Sampe dibawa ke danau. Di danau itu ilang," ungkap Mandra.

Berdasarkan kisah nyatanya lagi, kata Mandra, Di tahun 70-an Mumun selalu menampakkan diri sebagai sosok wanita cantik di sekitar kebun karet di Cibubur, dan bukan sebagai pocong.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2022

Selasa, 22 November 2022 | 23:30 WIB

Daftar Nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2022

Minggu, 20 November 2022 | 09:34 WIB
X