Didesak Buruh, DPR Akan Cabut Perppu Cipta Kerja

- Rabu, 11 Januari 2023 | 10:43 WIB
Aksi unjuk rasa penolakan Perppu Cipta Kerja
Aksi unjuk rasa penolakan Perppu Cipta Kerja

Bingkai Nasional - Setelah adanya unjuk rasa dari berbagai organisasi buruh pada hari Selasa 10 Januari 2023, DPR kini akan mencabut Perppu Cipta Kerja yang diterbitkan oleh pemerintah.

DPR mengatakan bahwa Pemerintah akan mencabut Perppu Cipta Kerja jika mayoritas anggota DPR tidak setuju Peraturan Pengganti Undang-Undang tersebut berlaku.

Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) yang ikut serta dalam unjuk rasa yang dilakukan di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, mengatakan bahwa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Cipta Kerja telah melanggar konstitusi karena isinya tidak jauh berbeda dengan UU Ciptaker yang telah dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami meminta kepada DPR RI untuk dapat melaksanakan pasal 22 UUD 1945 yang mana pemberlakuan Perppu harus melalui persetujuan DPR," ujar Perwakilan Koalisi dari Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Dewi Kartika.

Baca Juga: Cek 5 Fakta Perppu Cipta Kerja, Benarkah Menghapus Libur 2 Hari Untuk Buruh?

Beberapa perwakilan dari organisasi buruh tersebut pun diterima oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman dan Moh. Rano Alfath di dalam Gedung DPR.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, juga mengatakan bahwa Perppu Cipta Kerja akan disesuaikan dengan mekanisme yang ada dalam UU tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (P3).

Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel juga menyampaikan bahwa, Perppu Cipta Kerja adalah salah satu agenda penting untuk diselesaikan oleh DPR di masa persidangan tahun ini.

"Mengawali tahun baru ini, sejumlah agenda penting dan strategis telah menanti untuk diselesaikan sesuai fungsi konstitusional DPR RI. Pemerintah telah menetapkan Perppu tentang Ciptaker," ungkap Gobel seperti dilansir dari laman resmi DPR.

 

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Terbaru Pengumuman PPPK Guru 2022

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:58 WIB
X