Melihat 12 Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Yang Diakui Negara

- Jumat, 13 Januari 2023 | 11:15 WIB
Tragedi Simpang KKA, salah satu kasus pelanggaran HAM di Indonesia (Twitter @Atjeh1946)
Tragedi Simpang KKA, salah satu kasus pelanggaran HAM di Indonesia (Twitter @Atjeh1946)

Bingkai Nasional - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah mengakui adanya kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang terjadi di masa lampau pada hari Rabu 11 Januari 2023.

Atas hal itu maka Presiden Jokowi dan pemerintah akan berusaha memulihkan hak-hak korban dari kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang terjadi pada masa lampau.

“Saya dan pemerintah akan berusaha untuk memulihkan hak-hak dari para korban secara adil dan bijaksana tanpa menegasikan penyelesaian yudisial,” kata Jokowi saat memberikan keterangan Pers yang didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud MD, dan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu (Tim PPHAM).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan. 127 Orang Meninggal, Liga 1 Dihentikan!

Adapun kasus pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lampau yang diakui oleh pemerintah ada 12, yang terjadi pada tahun 1965, hingga tahun 2003.

Dan berikut adalah 12 kisah kasus pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia pada masa lampau.

1. Peristiwa 1965-1966

Tahun ini disebut sebagai pelanggaran HAM berat karena tindakan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjatan Republik Indonesia terhadap orang-orang yang dituduh sebagai anggota dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Berawal dari hilangnya Jenderal Ahmad Yani, pada tahun ini disebut-sebut sebagai tindakan makar yang dilakukan oleh Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto untuk menggulingkan kepemimpinan Presiden Soekarno.

Ada sekitar 2 juta orang lebih korban dari peristiwa ini. Termasuk diantaranya yang mengalami kekerasan seksual, dan kerja paksa. Tindakan kekerasan yang terjadi di tahun ini juga disebut sama seperti kejahatan perang yang dilakukan oleh Inggris di Kamboja.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Terbaru Pengumuman PPPK Guru 2022

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:58 WIB
X