Tenaga Honorer dan non ASN Akan Segera Dapat Kepastian

- Kamis, 19 Januari 2023 | 17:51 WIB
Menpan RB segera terbitkan regulasi untuk tenaga honorer dan non-ASN (Foto: menpan.go.id)
Menpan RB segera terbitkan regulasi untuk tenaga honorer dan non-ASN (Foto: menpan.go.id)

Bingkai Nasional - Pemerintah pusat dan daerah mulai menemukan titik terang untuk penyelesaian masalah penataan tenaga non aparatur sipil negara (non-ASN) atau honorer.

Titik terang ini didapati dalam rapat koordinasi kebijakan penataan tenaga non-ASN atau honorer di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada hari Rabu 18 Januari 2023.

Rapat itu dilaksanakan oleh menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, bersama dengan pimpinan asosiasi kepala daerah.

Baca Juga: Berapa Gaji Honorer Outsourcing 2023? Ini Dia Rincian Resminya!

Adapun beberapa pimpinan asosiasi kepala daerah yang terlibat dalam rapat itu diantaranya Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Isran Noor, dan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya Sugiarto.

Selain dari pimpinan daerah, rapat ini dihadiri juga oleh PLT Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Menteri Anas mengatakan bahwa dari rapat yang dilaksanakan hari ini, Ia bersama para Gubernur, Walikota dan Bupati sepakat mengerucutkan beberapa alternatif yang akan dirumuskan dalam menentukan langkah penataan tenaga non-ASN.

Kendati begitu ia tak menyebutkan apa saja opsi-opsi yang telah disepakati.

Anas hanya mengatakan bahwa opsi tersebut nantinya akan disampaikan kepada para anggota DPR dan beberapa alternatif itu akan segera didetailkan bersama tim dari provinsi, kabupaten, dan kota.

Menteri Anas juga mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah akan berkolaborasi untuk mencari alternatif terbaik tanpa mengesampingkan sisi kemanusiaan dan pengabdian para tenaga honorer.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X