Simak Aturan Pensiun Dini PNS 2023 Berikut Agar Pengajuan Diterima

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:17 WIB
Aturan Pensiun Dini PNS 2023 (Instagram.com/@kemenpanrb)
Aturan Pensiun Dini PNS 2023 (Instagram.com/@kemenpanrb)

Bingkai Nasional - Berikut ini adalah aturan pensiun dini PNS di tahun 2023.

Seperti yang diketahui, Pegawa Negeri Sipil (PNS) saat ini adalah salah satu profesi yang paling diminati dan diidamkan oleh para fresh graduate.

Bukan tanpa sebab, hal itu karena menjadi PNS akan mendapatkan banyak fasilitas salah satunya adalah hak pensiun.

Baca Juga: 7 Sekolah Kedinasan Indonesia Yang Gratis Dan Lulus Auto Jadi PNS

Hak pensiun sendiri adalah hak yang didapatkan oleh PNS saat sudah tidak bekerja di instansi pemerintah.

Dan menurut undang-undang nomor 11 tahun 1969, pensiun adalah penghasilan yang diterima setiap bulan oleh seorang pegawai yang tidak dapat bekerja lagi. Pensiun diberikan sebagai jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa PNS selama berdinas.

Dengan adanya hak pensiun ini, maka para PNS nantinya tidak perlu lagi memikirkan dari mana akan mendapatkan penghasilan karena sudah dijamin oleh pemerintah.

Secara normal, PNS akan pensiun jika sudah berada di umur 58 tahun untuk pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan. Umur 60 tahun untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya. Dan umur 65 tahun untuk PNS yang memegang jabatan fungsional ahli utama.

Namun kadang kala, karena berbagai faktor, ada PNS yang terpaksa untuk mengajukan pensiun sebelum waktunya, atau biasa disebut pensiun dini.

Meskipun hal tersebut diperbolehkan, namun ada beberapa aturan yang harus dipenuhi sebelum PNS mengajukan pensiun dini dan mendapatkan hak pensiunnya.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X