10 Tempat Wisata yang Paling Ramai Dikunjungi saat Lebaran, Sandiaga Uno: Ada Ancol hingga Dieng

- Rabu, 3 Mei 2023 | 11:48 WIB
Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah, salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat lebaran (Instagram/@candiarjuna)
Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah, salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat lebaran (Instagram/@candiarjuna)

Bingkai Nasional - Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, ada sepuluh tempat wisata yang ramai dikunjungi selama libur Lebaran 2023.

Hasil survei yang dilakukan melibatkan 1.045 responden menunjukkan bahwa tempat wisata favorit yang paling ramai dikunjungi di antaranya adalah Malioboro-Yogyakarta, Ciwidey-Bandung, Lembang-Bandung, Puncak-Bogor, Borobudur-Magelang, Dataran Tinggi Dieng, Pangandaran, Kebun Bintang Ragunan-Jakarta, Ancol-Jakarta, dan Pemandian Guci-Tegal.

Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata ini dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai wilayah.

Menurut Sandiaga Uno, para pengunjung ini memiliki rata-rata pengeluaran sebesar Rp2,7 juta, melebihi target sebelumnya sebesar Rp1,9 juta.

Hal ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata Indonesia karena menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berwisata tetap tinggi meskipun di tengah pandemi.

Sandiaga Uno juga menyebutkan bahwa rata-rata pengeluaran terbesar adalah untuk transportasi, dengan persentase sebesar 23,4 persen.

Kemudian, akomodasi dengan persentase 22 persen, makan dan minum dengan persentase 20 persen, serta suvenir, cinderamata, fesyen, dan kriya dengan persentase 14 persen.

Baca Juga: Pulau Bawean, Wisata Gresik Yang Disebut Surga Tersembunyi

Lebih lanjut, Sandiaga Uno juga melaporkan tentang titik pergerakan mudik Sumatera yang terdapat di Padang dan Lampung, Jawa Tengah, dan Cirebon.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pemetaan kajian preferensi aktivitas wisatawan nusantara selama libur lebaran 2023 melalui beberapa media, survei online, dan menjangkau responden lebih luas.

Pada akhirnya, Sandiaga Uno mengatakan bahwa potensi perputaran di sektor pariwisata selama mudik lebaran 2023 telah direvisi dari angka Rp204 triliun menjadi Rp335,3 triliun.

Hal ini menunjukkan bahwa industri pariwisata tetap menjadi sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia.

Namun, dalam konteks pandemi yang masih berlangsung, Sandiaga Uno mengingatkan para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Hal ini termasuk penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara teratur.

Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan aman dan nyaman.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keindahan Wisata Alam Sumber Maron Malang

Selasa, 19 September 2023 | 22:25 WIB

Makanan Khas Karawang Yang Cocok Untuk Dicicipi

Rabu, 13 September 2023 | 21:02 WIB

5 Makanan Khas Sumedang Yang Wajib Kalian Cicipi

Selasa, 12 September 2023 | 10:46 WIB

5 Rekomendasi Makanan Khas Garut Buat Kalian Nikmati

Minggu, 10 September 2023 | 16:46 WIB

3 Makanan Khas Tasikmalaya Yang Bikin Ngiler

Kamis, 7 September 2023 | 21:44 WIB

5 Makanan Khas Bekasi Yang Bikin Ngiler Penikmatnya

Rabu, 6 September 2023 | 11:51 WIB
X