Cegah Kebakaran Hutan Akibat Kemarau, Pemerintah Akan Modifikasi Cuaca Di Akhir Februari 2023

- Minggu, 22 Januari 2023 | 09:43 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Canva.com)
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Canva.com)

Bingkai Nasional - Pemerintah akan memodifikasi cuaca yang dimulai pada akhir Februari 2023 untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat dari musim kemarau.

Teknologi modifikasi cuaca atau teknologi hujan buatan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan ini dilakukan dengan cara pebasahan gambut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan bahwa metode tersebut efektif untuk mencegah dan menangani karhutla yang terjadi di tahun 2020 lalu.

“Akhir Februari atau pertengahan Maret, kami akan mulai operasi, karena biasanya Pak Presiden meminta untuk tidak ada asap saat lebaran,” kata Siti Nurbaya seperti dilansir dari NTMCPolri.

Baca Juga: Daftar Daerah Yang Terdampak Cuaca Panas Ekstrem Di AS. Panasnya Bisa Bikin Meninggal

Siti Nurbaya juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga aparat penegak hukum dan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan data Kementerian LHK, ada 66 titik kebakaran dengan luas 459 hektare yang terjadi pada 11 provinsi di Indonesia terhitung sejak 1 sampai 19 Januari 2023.

Pada 2022, luas kebakaran hutan dan lahan di Indonesia mencapai 204.000 hektare. Jumlah itu menurun dari tahun 2021, sebanyak 358.000 hektare.

Sebelumnya, BMKG menyatakan bahwa bencana kebakaran hutan diprediksi akan meningkat di tahun 2023 ini yang berpotensi sama seperti kejadian pada tahun 2019 lalu.

Fenomena La Nina yang semakin melemah dan masuk netral akan menyebabkan curah hujan menurun, sehingga berpotensi menciptakan titik api di kawasan hutan dan lahan.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Terbaru Pengumuman PPPK Guru 2022

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:58 WIB
X