Gelar Pesta Wirausaha Pelajar, Ratusan Pelajar Sukses Jalin Kolaborasi Antar Sekolah se-Kota Bandung

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:46 WIB
Hayfa Ishanda Leia, Koordinator FOKUS angkatan 21, inisiator Pesta Wirausaha Pelajar 2023 (FOKUS)
Hayfa Ishanda Leia, Koordinator FOKUS angkatan 21, inisiator Pesta Wirausaha Pelajar 2023 (FOKUS)

Bingkai Nasional - Forum Komunikasi Siswa (FOKUS) Kota Bandung, sukses gelar Pesta Wirausaha Pelajar (PWP) yang merupakan event kolaborasi dari 5 organisasi dan institusi terkemuka di Bandung Raya, Sabtu (21/1/2023).

5 organisasi dan institusi yang gelar Pesta Wirausaha Pelajar tersebut adalah FOKUS, Forum Komunikasi Ikatan Keluarga Alumni (FORMIKA) Bandung Raya, IKOPIN University, Forum UMKM Nuswantara (FUN), serta Gerakan 24 Peduli (24P).

Selain sukses berkolaborasi dengan Organisasi dan Institusi yang lebih senior anggotanya dibandingkan dengan para pelajar, FOKUS juga sukses menujukkan adanya kolaborasi yang cantik dengan sesama pelajar se-Kota Bandung, melalui penyelenggaraan kegiatan yang terdiri dari Seminar Wirausaha Pelajar, Bazzar Wirausaha Pelajar, Pentas Seni Pelajar, serta Bakti Sosial tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan, dengan tujuan untuk memberikan ruang positif dengan dasar kolaboratif bagi para pelajar setingkat SLTA, di seluruh Bandung Raya. Dengan kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menghindari hal-hal negatif seperti narkoba, kenakalan remaja dan juga tawuran," tutur Agung Rizky Setia, pelajar SMKN 10 Kota Bandung, dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan di pembukaan acara.

Baca Juga: Siswa SD Islam Al-Hidayah Di Sei Semayang Terpaksa Belajar Di luar Karena Sekolah Disegel Warga

Terbukti, acara PWP memang tidak hanya mengajak para pelajar untuk tidak tawuran, tapi justru berhasil berkolaborasi lintas sekolah yang berbeda, untuk mewujudkan sebuah event positif yang diapresiasi bahkan oleh para pejabat di level nasional.

"Pada sesi pembukaan kemarin, ditampilkan beragam kesenian dari pelajar SMKN 10 Bandung, SMAN 24 Bandung, dipimpin oleh Koordinator FOKUS yang merupakan siswi SMKN 9 Bandung, serta dijalankan oleh siswa-siswi Fokus dari SMK, SMA dan MA baik dari negeri maupun swasta, yang tersebar di seluruh Kota Bandung," tutur Agung Kepada Wartawan.

Agung juga menuturkan, bahwa acara tersebut sukses menghadirkan sekitar 200 lebih peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

"Kami lihat di daftar peserta, ada yang datang dari Kota Cimahi, Kab. Bandung dan juga Kab. Sumedang. Ada juga peserta yang hadir jauh-jauh dari Tasikmalaya. Semua tampak menikmati pertunjukan seni yang diantaranya juga disajikan oleh para seniman dari SMKN 10 Bandung," lanjut Agung.

Sementara itu, Koordinator FOKUS angkatan 2021, Hayfa Ishanda Leia atau akrab disapa Iffa, mengaku bahwa di akhir acara, tujuan FOKUS untuk menghimpun dan memberikan manfaat bagi lebih banyak lagi pelajar di Kota Bandung, tercapai dengan baik.

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Terbaru Pengumuman PPPK Guru 2022

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:58 WIB
X