• Jumat, 7 Oktober 2022

Bersuci Setelah Haid, Dilarang Menggunakan Sampo Dan Sabun? Ini Kata Ning Sheila Lirboyo

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:03 WIB
Ilustrasi perempuan sedang haid (saranya7/pixabay)
Ilustrasi perempuan sedang haid (saranya7/pixabay)

Bingkai Nasional – Siklus haid yang datang setiap bulan merupakan salah satu fitrah seorang perempuan. Proses alamiah ini juga menjadi ciri seorang perempuan yang sehat sistem reproduksinya.

Dalam agama Islam, perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan melakukan ibadah puasa, sholat, dan membaca Al-Qur’an. Sebab, syarat dari ibadah tersebut adalah suci dari hadats besar maupun hadats kecil. Karena itulah mandi wajib setelah siklus haid usai menjadi syarat bersuci yang harus dilakukan oleh perempuan.

Namun, melakukan mandi wajib setelah haid juga memiliki syarat sah yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah meratakan air ke seluruh badan, mandi dengan air yang bersih dari najis, serta tidak tercampurnya air dengan hal yang lain.

Lalu, bagaimana dengan menggunakan sampo dan sabun saat bersuci setelah haid? Bukankan air yang digunakan untuk bersuci akan tercampur dengan busa sabun maupun sampo?

Baca Juga: Harga Mie Instan Naik Tiga Kali Lipat. Sandiaga Uno: Anak Kost Siap-Siap

Mengenai hal tersebut, Ning Sheila Hasina Lirboyo menerangkan bahwa pengunaan sampo dan sabun bukanlah hal yang dilarang.

“Mandi besar ngga boleh sabunan, ngga boleh sampoan, saya tuh baca kayak gitu di sosial media. Kenapa ngga boleh sabunan? Ngga boleh sampoan?” ungkap Ning Sheila.

Lebih lanjut, Ning Sheila juga menjelaskan alasan mengapa tidak boleh digunakannya sabun dan sampo ketika mandi wajib.

“Ketika mandi besar ini menggunakan sampo dan sabun, maka air yang mengalir ini nanti air yang tercampur dengan sampo dan sabun itulah yang dilarang. Kalau saya pribadi ketika mandi besar, yang saya lakukan pertama adalah mengaliri air dulu ke seluruh tubuh sampai merata airnya, baru menggunakan sampo dan sabun. Bukan berarti ngga boleh menggunakannya,” terangnya.

Baca Juga: Viral Santri Tidak Pernah Dijenguk Oleh Orang Tuanya. Warganet: Calon Ulama Besar

Halaman:

Editor: Meidy Achmad Harish

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punya Jerawat Punggung? Atasi Dengan Hal Ini

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Cegah Endometriosis Dengan Cara Ini

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:49 WIB

Daftar Lokasi Vaksin Booster Di Kota Bandung

Senin, 18 Juli 2022 | 09:19 WIB
X